Sabtu, 24 Desember 2016

Heboh! Mumi 164 Tahun ini Bisa Berpindah Tempat Sendiri...

008339500_1482469554-_2___Damba_Ayusheev_

Mumi adalah jasad orang yang sudah meninggal yang diawetkan untuk keperluan tertentu. Salah satu mumi yang terkenal karena terawetkan dengan sangat baik adalah jasad Lama Itigilov di Republik Buryatia, Siberia.

Saking awetnya, mumi yang sudah berusia 79 tahun ini diyakinia masih hidup nirwana. Ini karena Lama Damba Ayusheev, pimpinan Sangha Tradisional Buddha, mengaku melihat jasad Lama Itigilov bergerak sendiri dalam sebuah video rekaman CCTV yang dipasang di dalam ‘istana’-nya di Ivolginsky Datsan, sekitar 23 kilometer dari ibu kota Ulan-Ude.


Dalam gambar yang terlihat menunjukan suatu sosok buram di latar depan. Dan gambar yang satu lagi terlihat sosok buram tersebut dekat dengan sofa, sehari sesudah gambar yang pertama.





Lama Ayusheev meyakini jika itu benar-benar jasad Lama Itilgilove yang bergerak sendiri.

“Ini bukan bercanda, jelas begitu. Saya melihat sosok seorang pria dalam rekaman, demikian juga kamu, dan saya tahu pasti bahwa tidak mungkin ada orang lain di Istana Khambo Lama Itigilov pada saat itu,” katanya dengan sangat yakin.

“Tidak ada orang di sana saat jam 20.05.51. Sang lama berada 5 sampai 6 meter dalam lorong, berada di takhtanya, dan tempat itu (tempat berdirinya sosok pria) berada di pintu depan,” lanjutnya.

Gambar kedua yang diunggahnya memperlihatkan Lama Itigilov bergerak lagi mendekati sofa. Gambar tersebut dalam kualitas rendah sehingga terlihat kurang jelas.

“Tak ada video, hanya kilatan dari jasad yang terekam.”

“Saya tercengang melihat gambar ini, walaupun jauh dalam lubuk hati saya memang terpikirkan juga tentang kemunginan tersebut. Saya masih belum siap untuk ini,” imbuh Lama Ayusheev.

Sejumlah komentar di laman Facebook milik Damba Ayusheev, mengatakan jika itu adalah sosok penjaga keamanan. Namun, yang lainnya setuju jika jasad Lama Itigilov memang bergerak sendiri.

Lama Itigilov yang lahir 1852 berpengaruh kepada kehidupan spiritual tsar Rusia sebelum merebaknya Revolusi Bolshevik.

Ia wafat pada 1927. Kemudian jasadnya diperiksa kembali pada 1955 dan 1974. Para biarawan kaget karena tidak adanya gejala pembusukan pada jasad Lama Itigilov.

Pada September 2002, jasad Itigilov dikeluarkan lagi dengan disaksikan oleh para pemimpin Sangha Tradisional Buddha di Rusia. Jasad itu kemudian diteliti secara rinci oleh para ilmuwan dan ahli patologi.

Jasad tersebut dikatakan masih utuh seperti orang yang baru meninggal 36 jam yang lalu. Jasadnya sangat utuh, otot-otot dan jejaring dalam, sendi-sendi lunak, dan kulit masih utuh.

Sejumlah pihak menduga sang Lama diawetkan dalam garam. Sejumlah pihak lain mengatakan ia sedang dalam keadaan hibernasi nirwana, sehingga dianggap masih hidup.[Liputan6.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar